Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

Selain Kurma, Ternyata Ada Beberapa Nama Buah yang Disebut di Al Quran

Kategori : Features, Ditulis pada : 19 Januari 2022, 22:42:42

Buah merupakan salah satu bahan makanan yang cukup digemari karena selain rasanya yang lezat, juga mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa macam buah-buahan yang disebut dalam Al Quran? Salah satunya adalah kurma yang sering dijadikan oleh-oleh khas saat beribadah haji dan umrah.

Buah yang disebutdalam Al Quran tentu memiliki banyak keistimewaan, ada yang menyebut bahwa buah-buahan tersebut termasuk ke dalam jenis buah yang ada di dalam surga. Karena, dalam Al Quran digambarkan buah-buahan tersebut nanti dapat dinikmati oleh ahli surga. Selain rasa yang lezat, buah tersebut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Nah, penasaran bukan apa saja sih nama buah yang Allah sebutkan dalam Al Quran? Berikut ini enam buah yang disebutkan dalam Al Quran serta khasiatnya untuk kesehatan. Selamat membaca!

Buah Kurma

Buah yang pertama adalah kurma. Ya, tentu Anda sudah akrab dengan buah yang satu ini. Meskipun kurma lebih sering kita temui di bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran, kurma dapat dijadikan camilan yang lezat setiap hari. Terutama untuk hidangan berbuka puasa sunnah.

jocelyn-morales-nsdjbTJJMYY-unsplash.jpg

Photo by Jocelyn Morales on Unsplash

Buah Kurma disebutkan sebanyak 20 kali dalam 16 surat yang berbeda dalam Al Quran, salah satunya di surat Maryam ayat 25-26 yang terjemahannya,

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon tersebut akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka dari itu, makan, minum dan senangkanlah hatimu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakan lah, ‘Sesungguhnya aku sudah berjanji berpuasa untuk Tuhan yang Maha Pemurah. Maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun di hari itu.”

Ini menandakan bahwa kurma mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan, terutama untuk ibu hamil. Manfaat tersebut antara lain untuk memperlancar proses persalinan, mencegah pendarahan di rahim, memperlancar air susu ibu, mengobati kemandulan, energi tambahan untuk bayi agar tidak lemah dan lesu, serta vaksinasi untuk bayi.

Kurma cocok juga digunakan untuk bahan makanan pokok. Kurma paling di difavoritkan sebagai makanan untuk berbuka puasa sebab memiliki kandungan gula yang dapat diserap sekitar 40-60 menit (dibandingkan dengan nasi putih yang perlu 5 jam penyerapan), sehingga bisa menjadi asupan yang menambah energi dengan cepat.

Kurma tumbuh di daerah sub tropis seperti Arab Saudi, Mesir, Tunisia dan sekitarnya. Kurma mempunyai bermacam- macam jenis yang dapat dipilih sesuai selera, seperti kurma Ajwa, Medjool, Sukkari, Khalas, Tunisia dan lain sebagainya.

Buah Tin

Buah Tin (Fig) atau biasa juga disebut buah ara juga termasuk buah yang disebutkan dalam Al Quran. Bahkan, menjadi salah satu nama surat dalam Al Quran yaitu Surat At-Tiin yang ada di juz 30. Nama buah Tin bisa ditemukan pada ayat pertama yang berbunyi:

“Demi buah Tin dan Zaitun.” (QS. At-Tiin: 1)

55.jpg

Photo by Deon Black on Unsplash

Pastinya, buah Tin menjadi sangat spesial karena Allah bersumpah di ayat tersebut. Buah Tin juga dipercaya menjadi salah satu buah-buahan yang terdapat di surga. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba buah ini karena buah tin termasuk buah yang lezat untuk dimakan.

Buah Tin memiliki banyak manfaat)) yang jarang diketahui orang, seperti dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, mengobati disfungsi seksual, menurunkan berat badan, melembabkan kulit, mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung, mengatasi diabetes, dan memperkuat tulang.

Zaitun

Buah selanjutnya yaitu zaitun. Mungkin Anda sering mendengar produk olahan dari buah zaitun, seperti minyak zaitun (olive oil). Nah, zaitun ini juga termasuk buah yang tersebut dalam Al Quran, sehingga banyak direkomendasikan untuk berbagai macam kebutuhan dengan segala macam khasiat yang terkandung di dalamnya.

Dalam Al Quran sendiri zaitun juga disebut sebanyak 7 kali, yakni 2 kali disebutkan secara tersendiri dan 5 kali disebut bersama-sama dengan buah lain. Surat yang menyebutkan buah zaitun antara lain adalah surat At Tin, Al Mu’minun, An Nahl, An Nuur, Al An’am dan surat Abasa.

Buah zaitun juga disebut menjadi buah yang diberkahi, seperti pada surat An Nur ayat 35:

“..yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, yakni pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur serta tak pula di sebelah barat. Yang minyaknya hampir menerangi walaupun tak disentuh dengan api. Cahaya di atas cahaya yang berlapis-lapis..”

Zaitun banyak digunakan untuk memasak, juga bermanfaat untuk merawat kecantikan, menutrisi kulit dan rambut, serta bermacam manfaat lainnya. Karena zaitun punya banyak kandungan vitamin, mineral, antioksidan yang baik untuk tubuh. Anda dapat dengan mudah menemukan zaitun yang dikemas berwujud minyak zaitun. Pastikan Anda memilih minyak zaitun dengan kualitas terbaik ya!

Pisang

Pisang merupakan buah yang umum ditemui di Indonesia, bahkan sudah jadi makanan sehari-hari saking mudahnya ditanam dan didapatkan. Bagi Anda penggemar buah pisang, ternyata pisang juga salah satu buah yang disebut dalam Al Quran lho!

57.jpg

Photo by Anastasia Eremina on Unsplash

Bisa dilihat dalam surat Al Waqiah ayat 29, yang artinya|terjemahannya), “... dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya..”

Pisang banyak digemari sebab rasanya yang lezat, juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Antara lain sebagai sumber protein, kalsium, fosfor dan seterusnya.

Delima

Delima disebutkan di Al-Quran surat Al An’am ayat 99 yang artinya, “... kami keluarkan dari tumbuhan yang menghijau butir yang banyak, dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjuntai, dan kebun-kebun anggur serta (kami keluarkan pula) buah zaitun dan delima yang serupa dan juga tidak serupa….”

Sama dengan buah surga lainnya, delima mengandung banyak manfaat bagi kesehatan antara lain sebagai antioksidan, mengobati penyakit jantung, melunturkan kolesterol jahat, anti kanker, mengurangi resiko penyakit radang sendi, menurunkan tekanan darah pada tubuh, mencegah penyakit Alzheimer dan baik untuk kesehatan kulit Anda.

Buah Anggur

Buah yang terakhir yaitu anggur. Buah yang memiliki banyak warna mulai dari hijau, merah, ungu, hingga kehitaman ini juga tersebut di dalam Al Quran. Buah anggur memiliki khasiat bahkan dalam beberapa tahap, mulai dari anggur muda yang masih mengkal, anggur matang sampai yang dikeringkan (kismis).

56.jpg

Photo by Maja Petric on Unsplash

Anggur mengandung manfaat antara lain flavonoid yang baik bagi kesehatan jantung dan kandungan lain yang melancarkan pencernaan, mencegah kanker, menghambat penuaan dini  dan seterusnya. Sebaiknya makan anggur dalam bentuk buah, bukan yang difermentasi sebab haram hukumnya meminum khamr atau minuman keras yang dapat memabukkan.

Itulah enam buah yang tersebut dalam Al Quran serta khasiatnya untuk kesehatan. Jadi, mana buah favorit Anda? Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id