Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

Inilah Pengertian Rukun Tahallul dalam Ibadah Haji dan Umrah

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 19 November 2022, 22:50:51

Dalam menunaikan ibadah haji dan umrah, terdapat kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan yaitu rukun haji dan umrah. Rukun harus dikerjakan karena apabila tidak dilakukan maka haji dan umrah Anda tidak sah. Sebagai seorang muslim, Anda harus mengetahui tata cara rukun haji dan umrah. sebab, haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan.

Salah satu rukun haji yang sepertinya sepele tapi penting adalah tahallul. Apa itu tahallul? Tahallul adalah mencukur rambut sebagian atau seluruhnya ketika melaksanakan haji dan umrah, setelah rukun sa’i. secara bahasa, tahallul artinya “menjadi boleh atau halal”. Maksudnya, tahallul adalah pertanda bahwa seorang jamaah haji dan umrah telah dihalalkan melakukan hal-hal yang menjadi larangan ketika ihram. 

25.jpg

Photo by Nick Demou from Pexels

Dengan dilaksanakannya tahallul, berakhir pula rangkaian ibadah umrah yang Anda kerjakan. Bisa dikatakan, tahallul merupakan rukun terakhir dalam rangkaian ibadah umrah yang Anda jalankan. Kemudian, bagaimana tata cara pelaksanaan tahallul tersebut?

Berikut ini akan kita bahas tuntas tentang tahallul. Sebaiknya, Anda mempelajari tentang tata cara tahallul ini jauh sebelum Anda pergi haji atau umrah. Sehingga, Anda tidak bingung tentang apa yang harus Anda lakukan meskipun nantinya Anda akan dipandu oleh ketua rombongan atau jamaah. Yuk, simak artikelnya sampai habis ya!

Cara Pelaksanaan Tahallul

Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian sebelumnya, cara melaksanakan tahallul adalah dengan memotong sebagian rambut atau seluruhnya. Sebagai dasarnya adalah firman Allah SWT dalam Q.S. Al Fath ayat 27 yang artinya:

“Sesungguhnya kamu tetap memasuki Masjidil Haram (pada waktu tertentu ) dalam kondisi aman (menyempurnakan ibadah) dengan mencukur kepalamu, atau jika tidak menggunting sedikit rambutnya..”

Mengenai tahallul ini, para ulama bersepakat bahwa tahallul dibagi menjadi dua cara yaitu tahallul pertama atau disebut juga dengan tahallul awal dan tahalul kedua atau tahallul tsani. 

Secara singkat, tahallul pertama adalah ketika|saat) jamaah telah mengerjakan dua dari tiga amalan haji yaitu melempar jumrah Aqobah, mencukur rambut serta thawaf ifadhah. Jadi, dapat dikatakan bahwa ia telah mengerjakan tahallul awal dan sudah bebas dari larangan ihram kecuali berhubungan suami istri dan melangsungkan pernikahan.

26.jpg

Photo by mostafa meraji on Unsplash

Sedangkan tahallul kedua adalah ketika jamaah telah mengerjakan tiga amalan haji tersebut di atas, maka halal baginya melakukan seluruh larangan yang tak dihalalkan dilakukan ketika ihram di antaranya, mengenakan pakaian berjahit, menggunakan wewangian termasuk melakukan hubungan suami istri serta melangsungkan akad nikah.

Tahallul dilakukan setelah menunaikan rukun sa’i, yaitu ketika berada di bukit Marwa. Bagi jamaah pria, boleh mencukur sebagian saja namun akan lebih baik jika mencukur keseluruhan rambut menurut yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tentunya, bagi yang ingin mencukur seluruh rambutnya tidak dilakukan di area bukit Marwa tapi di luar Masjidil Haram.

Mengapa harus keseluruhan? Sebab terdapat keistimewaan apabila seseorang yang haji atau umrah memangkas habis rambutnya. Dalam riwayat disebutkan bahwa Rasulullah mendoakan satu kali kepada orang yang mencukur sebagian rambutnya, tetapi bagi orang yang mencukur habis rambutnya maka Rasulullah mendoakan sebanyak tiga kali. Tentunya, Anda ingin Rasulullah mendoakan lebih banyak bukan? Kecuali, bagi laki-laki yang tidak memiliki rambut, maka cukup dengan isyarat memotong rambut.

Sedangkan bagi yang perempuan, cukup memangkas minimal 3 helai dari rambutnya yang dipotong oleh wanita lain, suami atau mahramnya yang sudah mengerjakan tahallul juga. Yang perlu diperhatikan, utamanya bagi jamaah wanita, harus lebih hati-hati ketika pelaksanaan tahallul. Usahakan supaya aurat tetap aman ketika memotong rambut karena rambut adalah bagian dari aurat perempuan.

Arti Tahallul

Tahallul dilakukan dengan cara mencukur rambut. Hal ini merupakan tanda sudah bebas dari hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat ihram. Selain itu, tahallul memiliki makna membersihkan diri, meninggalkan pikiran-pikiran kotor, menjauhi hal yang tidak bermanfaat dan seterusnya. Selanjutnya, bisa Anda teruskan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjalani kebaikan-kebaikan ketika pulang ke tanah air.

Dari rukun tahallul Anda akan belajar, untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Seperti halnya membersihkan diri dari perbuatan dosa, hal buruk, sifat yang tidak baik dalam diri kita, juga berupaya agar dapat memperbaiki amalan yang dahulu sering Anda lalaikan sebelum menunaikan haji dan umrah. Pastinya ibadah yang Anda jalani selama haji atau umrah akan semakin meningkatkan semangat Anda untuk beribadah.

Tahallul adalah rukun haji dan umrah yang paling akhir. Dengan mengerjakan tahallul, lengkap sudah rangkaian ibadah haji dan umrah Anda. Nah, itulah beberapa informasi seputar tahallul dalam rukun haji dan umrah. Semoga informasi ini bermanfaat, terlebih bagi Anda yang sedang mempersiapkan perjalanan ibadah haji dan umrah ke tanah suci.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id