Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

7 Persiapan Ibadah Umrah Bersama Dengan Keluarga

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 19 Januari 2023, 22:52:52

Bagi kaum muslim, menunaikan ibadah umrah adalah hal yang istimewa. Banyak keutamaan yang ada pada ibadah umrah, antara lain Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri kepada Allah, mendapat kebaikan yang berlipat ganda, berdoa di tempat yang mustajab, ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keutamaan yang akan Anda dapatkan.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika bisa berangkat bersama keluarga terdekat, pasti lebih menyenangkan. Merasakan nikmatnya ibadah di Baitullah bersama orangtua, suami atau istri, juga dengan anak-anak. Tentunya, banyak persiapan yang harus dijalankan supaya perjalanan umrah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Nah, bagi Anda yang ingin beribadah umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita bahas beberapa tips persiapan umrah bersama. Yuk, simak selengkapnya!

Niat Umrah Sekeluarga

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah berniat untuk melaksanakan ibadah umrah. Tentu, Anda harus berkomunikasi dengan anggota keluarga Anda agar masing-masing meniatkan diri untuk pergi beribadah umrah. Kesamaan niat tersebut akan lebih mewujudkan impian Anda untuk bisa beribadah umrah bersama keluarga.

Bayangkan, apabila hanya Anda yang memiliki niat untuk umrah, sedangkan istri atau anak Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke Baitullah bukan hanya masalah kesiapan materi, tetapi juga kesiapan batin. Dan Allah hanya ‘mengundang’ hamba-Nya yang telah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, pastikan Anda dan keluarga telah sama-sama memiliki niat untuk beribadah umrah ya!

Menyiapkan Dana yang Dibutuhkan

Niat saja tidak cukup, maka perlu dibarengi dengan ikhtiar yaitu menyiapkan sejumlah dana yang dapat menghantarkan Anda sekeluarga mendaftar umrah. Apalagi jika yang berangkat dua orang atau lebih, semakin banyak anggota keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dibayarkan juga semakin tinggi. Maka, Anda perlu menganggarkan untuk persiapan biaya tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuat tabungan khusus umrah. Hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa berangkat umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya pendaftaran untuk umrah sekitar 25 juta rupiah, tinggal dihitung berapa jumlah anggota keluarga yang ikut. Anda dapat mencari paket-paket umrah keluarga yang dapat menghemat biaya yang harus Anda bayarkan.

Tentu saja, Anda bisa mencoba tabungan umrah dengan jumlah semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan usaha dan kesungguhan Anda kepada Allah agar dimampukan untuk menunaikan umrah. Bukankah Allah yang Maha Memberi Kecukupan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memampukan siapa saja yang Dia undang ke tanah suci. Dan berapa banyak orang yang sebenarnya mampu, tapi tak mendapat kesempatan pergi umrah?

Melengkapi Dokumen dan Paspor

Semakin banyak jumlah keluarga yang turut serta dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda persiapkan. Sebaiknya, cari informasi dan catat dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat menggali informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro perjalanan umrah yang Anda percaya.

Mengapa Anda perlu mencatat dokumen yang diperlukan? Supaya Anda tak perlu bolak-balik ketika mengurus dokumen Anda dan keluarga. Buatlah ceklist yang memudahkan Anda mengecek apakah dokumen yang dibutuhkan sudah komplit atau belum. Anda juga perlu membuat paspor jauh-jauh hari, sebab hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang matang akan memudahkan Anda sekeluarga untuk melaksanakan umrah dengan lancar.

Cek Kondisi Kesehatan Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah penting untuk dipastikan, sebelum melaksanakan umrah dengan keluarga. Karena sebagian besar kegiatan, baik itu rukun maupun ibadah lain di tanah suci merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kondisi tubuh yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga menguras tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tidak hanya kesehatan diri sendiri, namun setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Ketahui, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan jadi dapat dijaga oleh anggota keluarga lain yang berangkat bersamanya. Sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga medis dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum berangkat umrah.

Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal kegiatan yang tidak sama, misalnya orangtua yang harus bekerja, anak yang sekolah, dan seterusnya maka dibutuhkan pemilihan waktu yang tepat untuk berangkat umrah sekeluarga. Jangan sampai memilih waktu yang bentrok, sehingga aktivitas utama justru terabaikan.

Anda bisa memilih waktu-waktu seperti liburan sekolah anak-anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan sesudah musim haji ( agar tidak terlalu ramai) atau saat bulan Ramadhan. Jadwalkan waktu khusus yang disepakati agar bisa dijalani oleh semua anggota keluarga.

Menyiapkan Barang Bawaan

Nah, jika persiapan dokumen sudah lengkap, kapan pelaksanaan umrah juga sudah dipilih, saatnya Anda meluangkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Ketika menata barang bawaan, pasti semua terlihat dibutuhkan untuk dibawa. Sehingga Anda tidak sadar bahwa barang bawaan Anda sangat banyak bahkan tidak muat melebihi daya tampung bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus serius memikirkan prioritas barang yang penting Anda bawa. Pastikan membawa yang penting saja, ingat bahwa Anda tidak sedang pindahan selamanya tapi hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Ketahui berapa bagasi yang disediakan untuk Anda. Pertimbangkan juga bahwa sepulang dari tanah suci, Anda butuh ruang jika Anda membawa oleh-oleh khas Arab untuk dibawa ke tanah air.

Perbanyak Berdoa dan Sering Bersedekah

Tips terakhir yang juga penting adalah perbanyak berdoa kepada Allah SWT, agar impian Anda terwujud untuk dapat berangkat ibadah umrah ke Baitullah bersama keluarga. Tugas Anda terus berikhtiar, akan tetapi Allah yang menentukan apakah Anda layak untuk diundang ke rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tidak cukup berdoa saja, wujud ikhtiar Anda juga bisa dengan cara rajin bersedekah supaya Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga memperlancar proses Anda dalam melaksanakan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam rangka menjalankan ibadah.

Itulah beberapa tips mempersiapkan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda terapkan. Semoga dapat memperkuat niat serta menambah semangat Anda dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci bersama orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id