Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

Jangan Tunggu Tua, Ini Dia Tips Berangkat Umrah Untuk Milenial

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 19 Januari 2023, 22:53:47

Banyak yang beranggapan, bahwa melaksanakan ibadah haji atau umrah harus ketika sudah tua, masa pensiun, atau menunggu jadi orang kaya terlebih dahulu. Padahal, tidak usah menunggu tua jika ingin berangkat umrah. Justru saat masih muda, maka Anda dapat melakukan ibadah dengan maksimal. Mengapa?

Tentu saja, sebab untuk melakukan seluruh kegiatan pada rangkaian ibadah umrah, dibutuhkan banyak energi dan kondsi fisik yang kuat. Ketika masih muda, sehat, segar bugar, Anda bisa mulai merencanakan untuk berangkat ibadah umrah ke Baitullah. Awali dengan niat kuat untuk berangkat umrah saat masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan merasa putus asa, melihat daftar tunggu haji yang masih bertahun-tahun lamanya. Tetap lakukan usaha supaya Allah mengundang hamba-Nya dengan cara yang tidak terduga. Misalnya dengan merencanakan kapan akan melakukan perjalanan umrah. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian berangkat ke tanah suci. Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa menunaikan umrah saat masih muda. Yuk simak sampai akhir!

Memantaskan Diri Melaksanakan Umrah

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah niat. Niat yang kuat untuk melaksanakan umrah. Perlu dipahami bahwa pergi ke Baitullah adalah undangan dari Allah SWT. Bukan masalah pria atau wanita, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk memantaskan diri di depan Allah SWT.

sehingga, Anda perlu mengiringi niat tersebut dengan usaha untuk memantaskan diri. contohnya, cek seberapa besar keinginan Anda untuk pergi umrah, mulai merutinkan ibadah-ibadah yang wajib, menambah ibadah sunnah lebih sering, membantu urusan orang lain dan seterusnya. Jadi, Allah akan melihat kita pantas untuk menjalani ibadah yang lebih luar biasa lagi yaitu beribadah di tanah suci.

Mempelajari Tentang Persiapan Umrah

Selanjutnya, Anda mulai untuk belajar tentang apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk umrah. Mulai dari belajar tentang rukun umrah, apa saja yang dilakukan saat di Baitullah, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca saat umrah dan seterusnya.

Anda juga bisa mengulik informasi teknis terkait tata cara berangkat umrah, menyiapkan dokumen, membuat paspor, memilih biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di tanah suci dan lain-lain. Informasi yang lengkap bisa membantu Anda agar lebih terarah.

Anda dapat menggali informasi tentang ibadah umrah melalui pencarian di internet, bisa juga bertanya kepada saudara yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Umrah

Umrah merupakan ibadah yang sedikit berbeda dengan ibadah lainnya, terutama terkait biaya perjalanan untuk pergi ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai milenial, tentunya Anda memiliki prioritas yang berbeda dalam mengatur penghasilan yang Anda dapatkan. Aneka kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang lebih prioritas untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tak bisa menjalani ibadah umrah di usia muda. Ketika Anda meniatkan diri untuk umrah, usahakan pula untuk memikirkan bagaimana agar Anda bisa melaksanakannya. Anda bisa mulai membuat tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Sekarang ini, ada bermacam-macam lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembukaan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan merasa terbantu karena ‘dipaksa’ menabung untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyetorkan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Memilih Waktu Terbaik untuk Ibadah Umrah

Selanjutnya Anda bisa menentukan waktu terbaik untuk pergi umrah. Bisa juga disesuaikan dengan jadwal Anda saat ini. Namun, ada baiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk melaksanakan umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di tanah air.

Terdapat beberapa waktu terbaik yang dapat Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Bulan Ramadhan

Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika bulan Ramadhan tiba, laksanakan umrah pada saat itu. Sebab umrah waktu Ramadhan senilai dengan ibadah haji.” Tentunya, Anda juga dapat merasakan indahnya suasana bulan suci di tanah suci yang membuat ibadah Anda semakin terasa khusyu.

  • Antara Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Makkah dan Madinah jauh beda dengan di Indonesia. Pada bulan Maret-Mei adalah waktu terbaik untuk Anda berangkat umrah karena pada bulan tersebut cuaca sedang sehingga terasa nyaman dan lebih fokus untuk melaksanakan ibadah umrah.

  • Di Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi saat yang tepat bagi Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri guna mengevaluasi perjalanan setahun terakhir juga sebagai semangat untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka lebih dekat kepada Allah SWT. Tak heran bila pada pergantian tahun adalah momen yang diminati untuk melaksanakan umrah.

  • Sebelum dan Sesudah Musim Haji

Nah, pada waktu sebelum dan sesudah musim Haji, kondisi di Baitullah cukup lengang. Anda bisa merencanakan umrah pada saat itu agar Anda bisa beribadah dengan tenang tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun beribadah di Hijr Ismail juga tak akan terlewat.

Memilih Travel Umrah Terpercaya

Biasanya, untuk melakukan perjalanan haji maupun umrah, memerlukan bantuan biro perjalanan atau travel umrah. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali pergi umrah, penting memilih travel umrah yang terbaik.

19.jpg

Photo by MichaƂ Parzuchowski on Unsplash

Anda bisa menggali informasi dari website, bertanya langsung ke kantor biro umrah di kota Anda, ataupun rekomendasi dari teman atau saudara yang pernah menggunakan biro jasa travel umrah tertentu. Hal ini untuk mewaspadai dari travel umrah bermasalah yang bisa menghambat rencana ibadah umrah Anda.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari

Terakhir, ada hal-hal yang harus Anda hindari ketika Anda berniat untuk umrah. Sebab tujuan utama dari umrah adalah semata-semata beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Antara lain:

  • menjalankan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Ingat, ibadah umrah bukanlah sekedar berkunjung ke tempat wisata atau plesir.
  • Melaksanakan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah merupakan ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk diperlihatkan kepada orang lain. Mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Namun, untuk orang-orang yang Allah berikan kelebihan harta, sangat mudah untuk melaksanakan umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu luruskan niat, supaya tidak hanya sekedar untuk pamer.
  • Menjalankan umrah dengan tujuan mencari keuntungan. Hindarilah melakukan ibadah umrah hanya semata-mata mencari keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Pastikan niat Anda benar-benar murni untuk beribadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri agar bisa melaksanakan umrah. Ibadah umrah adalah untuk siapa saja yang mampu, jadi tidak perlu memaksakan diri untuk berangkat umrah jika memang belum cukup. Hal ini justru bisa menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar dapat berangkat umrah di usia muda. Tidak ada salahnya mulai merencanakan untuk pergi umrah dari sekarang. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id