Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

Mudah - Aman - Menyenangkan - Amanah

10 Persiapan Agar Ibadah Umrah Anda Berjalan Lancar

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 21 Januari 2023, 09:57:57

Bagi Anda yang baru pertama kali akan melaksanakan umrah, Anda pasti bingung apa saja hal yang harus Anda persiapkan sebelum ibadah umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, pendaftaran, barang-barang, dan lain sebagainya. Hal ini harus diperhatikan, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa tenang beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai gambaran apa yang wajib Anda siapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa mengikuti artikel berikut ini hingga selesai.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran jasmani yang prima. Maka dari itu, jamaah umrah yang akan berangkat umrah setidaknya wajib ada persiapan sebulan sebelumnya agar dapat menyiapkan fisik yang kuat agar ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, serta mengkonsumsi suplemen seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa mulai rutin berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Berbekal fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di tanah suci.

Persiapan Rohani

Selain fisik yang kuat, Anda juga wajib mempersiapkan ruhani Anda supaya bisa benar-benar tenang dalam beribadah umrah. Ibadah umrah memerlukan niat yang tulus ibadah semata karena Allah SWT, juga keikhlasan yang tinggi. Sebab bagi orang yang melakukan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan keluarga untuk sementara. Selain hal tersebut, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang wajib dibayarkan via biro travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Dokumen

Kelengkapan data yang wajib dipersiapkan sebelum umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, catatan vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat, bukti tanda terima pemesanan penginapan, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah persiapan yang harus dicermati. Sebaiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper guna membawa barang-barang bawaan Anda. Satu koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan sebuah tas berukuran kecil. Masing-masing bisa diisi dengan barang sesuai keperluan. Misal untuk pakaian ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk membawa alat-alat mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa kelengkapan identitas, kertas tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini terkadang terabaikan, padahal sebenarnya hal ini adalah langkah yang cukup penting untuk dilakukan. Sama halnya saat kita hendak melaksanakan suatu ibadah, kita wajib mengetahui syarat sahnya, apa saja rukunnya, urutannya supaya tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus dihafalkan. Anda bisa mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku panduan umrah, berselancar di internet tentang ibadah umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang telah melaksanakan umrah.

Menentukan Pilihan Biro Travel Umroh yang Terpercaya

Sebaiknya, pilihlah biro travel umrah yang bonafid. Anda bisa mengeceknya dengan cara membaca ulasan jamaah yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat travel umroh tersebut. Jika biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga informasi layanan mereka dapat Anda cermati melalui daring, misalnya dengan mengunjungi website, mendapat pemberitahuan surat elektronik dan pesan singkat untuk progres pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda memiliki riwayat terkait kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi yang spesifik, dan membutuhkan mengkonsumsi obat-obatan khusus, Anda butuh menyiapkan obat-obatan khusus yang harus Anda bawa saat menjalani ibadah umrah. Selain itu, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak urut, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Membawa Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik perempuan banyak ragamnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, jarum pentul, dalaman hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda bisa membawa kain ganti dan juga pakaian cadangan ihram yang dibutuhkan. 

Menghafalkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Ketika umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda ungkapkan. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga rekan. Supaya tidak lupa, siapkan catatan khusus doa, supaya Anda ingat dan tidak blank saat berdoa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat ketahanan fisik saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya sewaktu-waktu.

Nah, itu tadi 10 hal yang wajib Anda siapkan sebelum melaksanakan umrah. Konsultasikan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang perlu dan tidak perlu disiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id